Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Bersama Jajaran Ikuti Rapat Rutin Pengendalian Inflasi Tahun 2023

Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit, bersama jajaran mengikuti rapat rutin pengendalian inflasi tahun 2023, Senin (6/3/2023).
Limi Mokodompit mengikuti kegiatan bersama Kemendagri ini secara virtual di lantai III Ruang Rapat Bupati Bolmong, Sulawesi Utara.
Rapat tersebut untuk menahan laju inflasi atau ketersediaan pasokan pasar.

Rakor dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dilanjutkan dengan pemaparan.
Rakor juga diikuti oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Pudji Ismartini; Kepala Pusat Ketersediaan dan Ketahanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan; Kementerian Pertanian; Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga; dan Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian.

“Makanya kami berpesan agar daerah-daerah yang kurang terkendali segera lakukan intervensi pengendalian, pemerintah pusat juga. Mari bersama-sama kita saling bekerja sama, saling berkoordinasi dan jangan sampai ada berbeda,” tutup Tito.

Bank Indonesia bersama Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kick off Gerakan Pengendalian Inflasi Sulawesi Utara 2023 di Kota Kotamobagu, Selasa (28/2/2023).
Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari upaya pengendalian inflasi pada Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) tahun 2022.
Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Andry Prasmuko menjelaskan, Pengendalian Inflasi Sulawesi Utara tahun 2023 juga digagas untuk menghadapi beberapa potensi kenaikan inflasi.
"Salah satunya berasal dari kenaikan harga bahan pangan," kata Andry.

Upaya pengendalian inflasi di Sulut pada tahun 2022 telah membuahkan hasil yang baik.
Ini erlihat dari inflasi Kota Manado yang terkendali dan berada pada rentang sasaran yaitu 4 persen (yoy) pada akhir tahun 2022.
Kick off ini diawali operasi dan sidak pasar bersama TPID di Pasar 23 Maret Kotamobagu.
Sidak melibatkan Pemprov Sulut Bulog.
Sekaligus, dilakukan digitalisasi pasar bersama BNI, BRI, Mandiri dan BSG yang diikuti dengan pemenuhan jaringan nirkabel (wifi) oleh Telkom di pasar tersebut.

Selanjutnya, dilakukan pencanangan perluasan gerakan Marijo Bakobong di Hotel Sutanraja Kotamobagu.
Dalam pencanangan ini dibagikan 350 ribu bibit barito (bawang merah, rica, dan tomat) kepada keluarga pra-sejahtera dan kelompok tani di 15 kabupaten kota Sulawesi Utara.
Sekaligus disertai launching Klinik Pertanian pendampingan langsung oleh Pengusaha Tani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) dan Kompetisi Marijo Bakobong.
Andry mengatakan, pembagian bibit barito menjadi bagian dari upaya pengentasan kemiskinan di Sulawesi Utara.
Program ini akan dilaksanakan dalam dua mekanisme, yaitu penyaluran bibit barito dan pupuk untuk Persit dan Bhayangkari Kotamobagu serta PKK untuk disalurkan kepada keluarga pra-sejahtera di Sulawesi Utara.

Kemudian, pembagian bibit barito dan alat pembuat POC (pupuk organik cair) kepada kelompok tani di 15 kabupaten kota Sulawesi Utara.
Hadir dalam pencanangan ini,
Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan; Pj Bupati Bolaang Mongondow, Limi Mokodompit; Asisten II Setda Boltim, MR Alung; Asisten II Setda Bolsel, Muhammad Suja Alamri; Asisten Il Setda Bolmut Abdul Nazarudin Maloho.
Selanjutnya, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Sulut, Pdt Johan Manampiring, Ketua MUI Kotamobagu KH Abdul Wahab; Sekretaris Umum MUI Kotamobagu Ustadz Jainudin dan Ketua BKSUA Manado Pdt Yudi Tunari